Mengatasi Depresi Agar Emosi Membaik

Mengatasi depresi bukanlah hal yang semudah kita bayangkan. Depresi yaitu perasaan sedih, murung, tidak bahagia, kesal dan menderita yang terjadi pada orang kaya, orang miskin, anak kecil pun juga ada yang mengalaminya.
Depresi sendiri dibagi menjadi 2 macam :
1. Depresi Ringan
2. Depresi Berat

Depresi ringan masih bisa diatasi dengan mudah karena hanya datang dan pergi (kok kayak lagu ya, hehehe) dengan sendirinya. Depresi ringan ditandai dengan hati yang berat, rasa sedih, rasa murung.

Depresi berat mungkin agak sulit diatasi. Hal ini ditandai dengan perasaan tidak berguna disertai gejala fisik seperti turnnya berat badan, sakit kepala. Depresi berat lebih cenderung menarik diri dari lingkungan sosial.


Mengatasi Depresi


Depresi bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

1. Tekanan dalam kehidupan sehari hari (ex: tuntutan kerja)
2. Pelecehan seksual (ex: mengalami diperkosa di waktu lampau)
3. Masalah keuangan (ex: hutang menumpuk dan tidak mampu membayarnya)
4. Kecakapan sosial yang kurang (ex: merasa tidak menarik)
5. Cara berpikir yang buruk (ex: merasa cemas secara berlebihan)
dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan bila di sekitar Anda ada yang mengalami depresi, sebaiknya kasih solusi untuk membaca posting ini (promosi dikit). Cara mengatasi depresi adalah sebagai berikut :

1. Bercerita Alias Curhat Kepada Orang yang Bisa Dipercaya
Menyimpan perasaan negatif dalam pikiran bukanlah hal yang baik, justru sangat buruk. Cara ini (baca: curhat) dapat membantu meluapkan emosi dan dapat pula mendapatkan jalan keluar dari orang yang kita curhati tadi. Intinya coba luapkan emosi agar tidak menumpuk di dalam tubuh yang akhirnya mengakibatkan depresi.

2. Belajar Menerima Diri Sendiri
Terima kekurangan diri kita. Jangan mengubah hidup ini secara paksa, dan lakukanlah hal apa yang bisa kita lakukan. Cobalah untuk mensyukuri kehidupan ini dan damaikan perasaan Anda.

3. Beramal
Dengan melakukan hal ini, emosi kita akan tercurahkan pada kebaikan orang lain. Dan ini adalah energi positif yang kita ciptakan dan lemparkan kepada orang lain. Energi positif itu pun juga akan terlempar kepada kita berkali kali lipat lebih kuat dari apa yang kita lemparkan. Namun syaratnya berikan amal dengan niat kebahagiaan bagi si penerima, bukan karena kasihan.

4. Berdoa
Bukalah pintu hati dengan berdoa dan ikhlas. Berdoa dengan ikhlas dan sungguh sungguh akan membuat otak memproduksi hormon serotonin dan hormon endorfin yang menyebabkan seseorang merasa nyaman , tenang dan bahagia. Sehingga emosi akan membaik seiring berjalannya waktu.

Dan itulah cara mengatasi depresi agar emosi membaik yang kebanyakan dialami seseorang. Semoga tulisan saya yang ecek ecek dan sedikit copy sana copy sini ini bermanfaat bagi kita semua. Aminn.