Penyakit Jantung Menunggu Kehadiran Kita

Penyakit jantung merupakan satu dari sekian jenis penyakit yang termasuk berbahaya. Di Indonesia, penyakit jantung memiliki angka kematian yang lumayan tinggi dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan penyebab atau hal hal yang menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit Jantung
Seperti apakah penyebabnya itu? inilah beberapa penyebab penyakit jantung :


1. Faktor Usia dan Jenis Kelamin
Seorang pria berumur sekitar 50 tahun lebih rentan terkena penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang berumur sekitar 50 tahun juga. Namun setelah melewati masa menopause, hormon esterogen pada wanita akan menurun dan membuat wanita akan lebih rentan terkena penyakit jantung karena hormon esterogen itu membantu melindungi jantung.

2. Faktor Keturunan
Ketika seseorang memiliki penyakit jantung, kemungkinan besar keturunan dari orang itu juga akan mendapatkan penyakit yang sama.

3. Faktor Merokok
Rokok adalah penyebab tertinggi seseorang terkena penyakit jantung. Namun jangan senang dulu jika Anda tidak merokok, karena meski Anda tidak merokok tetapi sekeliling Anda adalah perokok, Anda juga mendapat kemungkinan untuk memiliki penyakit jantung.

4. Faktor Diabetes
Diabetes yang komplikasi dapat pula menyebabkan penyakit jantung.

5. Faktor Hypertensi
Hypertensi ataupun tekanan darah tinggi dalam jangka waktu lama juga memiliki resiko serangan jantung.

6. Faktor Kegemukan
Timbunan lemak dalam tubuh menyebabkan penyakit jantung koroner. Namun kegemukan dapat juga menjadi penyakit diabetes.

7. Faktor Gaya Hidup (LifeStyle)
Jarang berolahraga akan mengakibatkan tekanan jantung semakin melemah. Oleh karena itu berolah raga lah sesering mungkin, bisa setiap pagi ataupun setiap minggu. Dengan berolah raga kita dapat menyehatkan jantung & menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga kita tidak kelebihan berat badan.

8. Stress
Aliran darah yang kurang lancar bisa disebabkan oleh stress. Ketika aliran darah dalam arteri terhambat, lama lama akan pecah dan memicu serangan jantung. Oleh karena itu hindarilah stress sebisa mungkin.



Cara Pencegahan
Seperti yang tertulis di atas, cara mencegah sebagai berikut :
1. Hindari lingkungan merokok
2. Berolahraga rutin setiap hari atau setiap minggu
3. Makan dikit aja jangan banyak banyak, hehehe nanti gemuk
4. Jangan terlalu sering makan makanan yang mengandung Gula
5. Liburan di akhir pekan, agar tidak darah tinggi & stress
6. Jangan memikirkan suatu hal terlalu dalam, cari solusi & inspirasi untuk memecahkannya


Sekian dulu, semoga tulisan saya yang tidak beraturan & acak2an ini bisa mengurangi jumlah korban karena penyakit jantung menunggu kehadiran kita.